About

Cloud computing

Rabu, 31 Oktober 2012

Apa itu Cloud Computing? Bagaimana Cara Kerja Cloud Computing?

Definisi Cloud Computing

Cloud Computing atau Komputasi Awan adalah teknologi yang menggunakan internet dan pusat remote server (central remote server) untuk mengurus data dan aplikasi. Cloud Computing memungkinkan para konsumen dan pebisnis untuk menggunakan aplikasi tanpa instalasi dan akses ke file pribadi mereka di setiap komputer yang memiliki akses internet. Teknologi ini memungkinkan komputasi yang sangat efisien dengan cara memusatkan penyimpanan (storage), memori (memory), pengolahan (processing) dan lebar pita data (bandwith).


*Manfaat Cloud Computing

1.Skalabilitas
Dengan Cloud Computing, kita hanya perlu membayar apa yang kita pakai. Dengan strategi yang tepat, kita dapat membayar lebih murah daripada apabila kita tidak menggunakan Cloud Computing sama sekali.

2.Sederhana
Perusahaan tidak perlu membeli infrastruktur ataupun perangkat lunak.

3.Vendor Terkemuka
Dengan vendor terkemuka, kita mempunyai kepercayaan lebih terhadap data atau aplikasi yang kita simpan di Cloud.

4.Sumber Daya Optimal
Dengan Cloud Computing, sumber daya perusahaan akan terkonsentrasi pada bisnis, karena masalah data ataupun support dan maintenance software telah diurus oleh provider Cloud Computing.

*Prinsip Kerja Cloud Computing

Cloud Computing berakar dari konsep flexibility dan on-demand. Flexibility atau fleksibel memungkinkan komputasi menjadi sesuatu yang mudah. On-demand atau saat itu juga, memungkinkan komputasi dapat dilakukan setiap saat sesuai kebutuhan kita. Prinsip flexibility dan on-demand dimanifestasikan dengan perwujudan komputasi sebagai sebuah layanan (as a service) yang dapat digunakan secara mudah dan fleksibel setiap kali user membutuhkannya. Kemudahan dan fleksibilitas tersebut diperoleh user dengan memanfaatkan akses internet. Oleh karena itu, Cloud Computing menunjukkan adanya sebuah kolaborasi antara teknologi internet sebagai media komunikasi dan informasi dengan teknologi komputasi.

Ada banyak jenis komputasi awan publik
* Infrastruktur sebagai sebuah layanan
* Platform sebagai layanan
* Software sebagai sebuah layanan
* Penyimpanan sebagai sebuah layanan
* Keamanan sebagai layanan
* Data sebagai sebuah layanan
* Test lingkungan sebagai sebuah layanan
* Desktop sebagai sebuah layanan
* API sebagai sebuah layanan
* Backend sebagai sebuah layanan

Model bisnis, dengan menggunakan software sebagai layanan, pengguna juga menyewa perangkat lunak aplikasi dan database. Para penyedia awan mengelola infrastruktur dan platform di mana aplikasi berjalan.
 
Memahami Cloud Computing
Penggunaan internet atau "awan" untuk komputasi bukanlah hal baru. Ini telah berlangsung selama bertahun-tahun, tetapi terminologi dan kecanggihan operasi komputasi awan telah maju pesat. Seperti penggunaan internet terus berkembang, istilah cloud computing telah digunakan untuk menekankan pergerakan program dan penyimpanan data dari komputer lokal dan hard drive untuk operasi mereka di Internet itu sendiri. Untuk semua promosi istilah cloud computing, pengembangan layanan online masih dalam masa pertumbuhan. Di masa depan, komputasi awan akan menjadi begitu umum istilah akan menjadi tidak berarti karena hampir semua komputasi akan berada di "awan."

Genealogists juga bergerak ke arena komputasi awan. Bila Anda menggunakan Pohon Keluarga Ancestry.com untuk menyimpan informasi silsilah Anda, Anda menggunakan komputasi awan. Hal yang sama dapat dikatakan untuk salah satu layanan online lainnya, seperti MyHeritage.com atau WeRelate.org. Jenis program, yang sekarang ada puluhan online, pada dasarnya mengambil tempat dari sebuah program yang berjalan pada komputer lokal Anda. Kabar baiknya adalah bahwa informasi yang aman bahkan jika crash komputer Anda. Kabar buruknya adalah bahwa Anda harus memiliki koneksi internet untuk mengakses data Anda sendiri.

Salah satu perubahan yang paling dramatis dalam penggunaan komputer terjadi ketika Anda berpindah dari menggunakan program lokal umum seperti pengolah kata untuk menggunakan program berbasis internet seperti Google Apps atau Windows Layanan Live. Tidak semua dari program ini gratis dan beberapa lebih rumit daripada lokal berbasis komputer rekan-rekan.
 

 

Sumber :
http://koblunkbilly.web.id/2010/11/apa-itu-cloud-computing-bagaimana-cara-kerja-cloud-computing/
http://en.wikipedia.org/wiki/Cloud_computing
https://familysearch.org/techtips/2012/01/understanding-cloud-computing

 

 

0 komentar:

Posting Komentar